Kamis, 30 Desember 2010

Selimut Pemanas Ban

Keempat ban roda mobil F1 kerap terlihat dibungkus sesuatu sebelum balapan dimulai. Begitu lomba hendak dimulai barulah 'selimut' ban itu dilepas. Apa fungsinya ?

Keempat selimut ban itu namanya tyre warmer. Kalau dilihat dari dekat, alat itu bentuknya seperti selimut yang menutupi seluruh permukaan tapak ban. Fungsi tyre warmer, untuk memanaskan ban secara merata hingga keseluruh permukaan ban. Dan jika sudah sampai pada tingkatan suhu yang diinginkan oleh setiap mekanik tim, pembungkus ini akan menjaga suhunya agar tidak turun lagi. Tyre Warmer membutuhkan waktu 15 sampai 20 menit, untuk mencapai suhu yang diinginkan. Panas yang dihasilkan berasal dari aliran listrik (biasanya memakai generator kecil) yang disalurkan lewat kabel di selimut ban tersebut. Makanya, setiap pembungkus itu juga dilengkapi dengan satu alat tambahan, yakni pengatur suhu. Dengan pengatur suhu itu, mekanik dapat mengatur suhu ban sambil menyesuaikan dengan suhu sirkuit dan lintasan.

Kenapa ban F1 perlu dipanaskan ? Itu bertujuan untuk meningkatkan daya cengkeraman ban secara lebih cepat. Tanpa harus dipakai mengelilingi sirkuit, ban sudah mencapai suhu yang optimal untuk balap. Dengan kata lain, kemampuan cengkeraman ban dibuat sama seperti ban yang sudah melibas dua sampai tiga putaran.  Jika para mekanik dapat menentukan suhu ban dengan tepat, alat ini akan membantu pembalap dalam mengendalikan mobilnya sejak start. Terutama saat melahap tikungan pertama yang biasanya sebagai penentu posisi pembalap saat balapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar