Sabtu, 12 Februari 2011

Pendidikan Kewarganegaraan (Tugas 2)

SOAL
Saat ini banyak usaha baik secara langsung maupun tidak langsung berusaha untuk menggantikan Ideologi Pancasila dengan ideologi lain, yang menurut kelompok-kelompok ini lebih sesuai dengan kebutuhan saat ini.
Coba anda jelaskan pernyataan tersebut, setuju atau tidak setujukah anda terhadap perubahan yang seperti yang mereka inginkan, berikanlah contoh kasusnya !
JAWABAN
Tidak setuju ,  karena nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila yaitu, Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan dalam kenyataan secara objektif telah dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak jaman dahulu kala sebelum mendirikan Negara. Mendasarkan pada hakekat sifat kodrat manusia sebagai mahluk individu dan mahluk social ideology pancasila mengakui atas kebebasan dan kemerdekaan individu namun dalam hidup bersama juga harus mengakui hak dan kebebasan orang lain. Selain itu nilai nilai ketuhanan senantiasa menjiwai kehidupan manusia dalam hidup bernegara dan bermasyarakat.
Contoh kasusnya adalah organisasi PKI (Partai Komunis Indonesia) yang menganut ideologi komunis yang mementingkan kepentingan golongan, pemikiran yang ada hanya bersumber pada satu orang saja, memonopoli Negara dan mengingkari HAM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar