Rabu, 09 Maret 2011

Penginputan data pada c++


PROGRAM
#include<iostream.h>
#include<conio.h>
void main()
{
clrscr();
char nama[30]; char npm[10]; char kelas[5];
cout<<"input nama  : "; cin>>nama;
cout<<"input npm   : "; cin>>npm;
cout<<"input kelas : "; cin>>kelas;
cout<<"\n";
cout<<"nama saya   : "<<nama<<"\nnpm saya    : "<<npm<<"\nkelas saya  : "
<<kelas;
getch();
}
OUTPUT
input nama : damar
input npm : 33109111
input kelas : 2db18

nama saya : damar
npm saya : 33109111
kelas saya : 2db18
PROGRAM  

#include<iostream.h>
#include<conio.h>
#include<dos.h>
void main()
{
clrscr();
//deklarasi
int a,b;
//deklarasi proses
cout<<"uang saya Rp 1000 ";
cout<<"\nuang teman saya :"; cin>>b;
cout<<"\n";
cout<<"total uang: "<<(1000+b);
getch();
}
OUTPUT
Uang saya Rp 1000
uang teman saya :1000

total uang 2000




LOGIKA PROGRAM

#include<iostream.h>
#include<conio.h>
ð  Untuk menggunakan kata kata yang ada pada reserved words yang tersedia di library masing-masing
void main()
ð  Program utama
{
ð  Untuk memulai program
clrscr();
ð  Untuk membersihkan layar
char nama[30]; char npm[10]; char kelas[5];
ð  Variable nama tipe data karakter dengan field sebanyak 30
ð  Variable npm tipe data karakter dengan field sebanyak 10
ð  Variable nama kelas data karakter dengan field sebanyak 5
cout<<"input nama  : "; cin>>nama;
ð  Untuk mencetak tulisan ‘input nama’ dan menginput data yang akan di simpan sebagai variable nama
cout<<"input npm   : "; cin>>npm;
ð  Untuk mencetak tulisan ‘input npm’ dan menginput data yang akan di simpan sebagai variable npm
cout<<"input kelas : "; cin>>kelas;
ð  Untuk mencetak tulisan ‘input kelas’ dan menginput data yang akan di simpan sebagai variable kelas
cout<<"\n";
ð  Untuk membuat baris baru
cout<<"nama saya   : "<<nama<<"\nnpm saya    : "<<npm<<"\nkelas saya  : "<<kelas;
ð  Untuk mencetak tulisan ‘nama saya’, mencetak data yang ada pada variable nama, lalu mencetak baris baru, mencetak ‘npm saya’, mencetak data yang ada pada variable npm, mencetak baris baru, mencetak tulisan ‘kelas saya’ dan mencetak data yang ada pada variable kelas
getch();
ð  merupakan singkatan dari get character artinya baca karakter tetapi isian data yang dimasukkan tidak akan ditampilkan di layar
}
ð  Untuk mengakhiri program

int a,b;
ð  Tipe data integer untuk variable a dan b
cout<<"uang saya Rp 1000 ";
ð  Mencetak tulisan ‘uang saya rp 1000’
cout<<"\nuang teman saya :"; cin>>b;
ð  Mencetak baris baru, ‘uang teman saya’, dan input data yang akan disimpan dalam variable b
cout<<"\n";
ð  Mencetak baris baru
cout<<"total uang: "<<(1000+b);
ð  Mencetak tulisan ‘total uang’ dan mencetak hasil dari proses 1000+data yang ada pada variable b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar