Sabtu, 19 Maret 2011

Sistem Penunjang Keputusan

Keputusan Terstruktur
Modul Penerimaan Mahasiswa Baru
Modul ini melakukan proses penerimaan mahasiswa baru , dilakukan secara on-line melalui web . Pada modul ini terdapat entry data berupa data-data calon mahasiswa yang akan mendaftar ujian masuk , pencetakan kartu tanda ujian , transaksi data dan pelaporan data transaksi pendaftaran .
Skema Desain Arsitektur Sistem Informasi Akademik


Keputusan tidak terstruktur
Prosedur system pegadaian
            Adapun prosedur yang terlibat pada sistem pegadaian diantaranya :

Gambar 3.2 Struktur Proses Pengolahan Data Nasabah
Keterangan      :
FPK     : Formulir Pemberian Kredit
SBK    : Surat Bukti Kredit



Prosedur Pemberian Kredit Gadai

          
Gambar 3.3 Flowmap Perosedur Pemberian Kredit
Keterangan      :
 A1      : Buku Penerimaan Barang Jaminan
Proses pemberian kredit gadai dapat dilakukan dengan cara nasabah mengambil formulir pemberian kredit ke penaksir, kemudian formulir pemberian kredit diisi oleh nasabah setelah diisi nasabah menyerahkan ke penaksir. Setelah penyerahan formulir pemberian kredit ke penaksir, nasabah menyerahkan juga barang jaminan yang akan digadaikan dan identitas nasabah. Kemudian penaksir memperkirakan harga barang jaminan tersebut, setelah diperkirakan harganya berapa penaksir membuat surat bukti kredit yang dirangkap tiga, kemudian penaksir menyerahkan surat bukti kredit satu, formulir pemberian kredit, dan identitas ke nasabah, setelah itu penaksir mencatat barang jaminan yang masuk di Buku Penerimaan Barang Jaminan dan kemudian penaksir memberikan barang jaminan dan surat bukti kredit dua ke bag. gudang.

Prosedur Pelaporan
            Dalam prosedur pelaporan ini, dari arsip Buku Penerimaan Barang Jaminan penaksir membuat laporan harian kredit, setelah itu penaksir menggandakan laporan harian tersebut menjadi tiga lembar. Kemudian penaksir memberikan semua laporan ke kepala cabang, dari kepala cabang laporan tersebut disahkan dan dikembalikan lagi semuanya kepada penaksir. Dari penaksir laporan pertama dipegamg oleh penaksir untuk dijadikan arsip, lembar kedua diberikan ke kepala cabang untuk dijadikan arsip dan lembar ketiga diberikan ke bag. Administrasi..







Gambar 3.4 Flowmap Prosedur Pelaporan
Keterangan      :
A2       : Arsip Laporan yang disahkan dipegang oleh Penaksir.
A3       : Arsip Laporan yang disahkan dipegang oleh Kepala cabang.


Pemberian kredit
Evaluasi kelayakan pemberian kredit merupakan suatu penilaian dimana suatu debitur apakah pantas atau tidak untuk menerima pinjaman dari bank. Proses keputusan layak atau tidak debitur diberi kredit, dapat dijelaskan dengan gambar 2.1:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar