Sabtu, 19 Maret 2011

Sistem Informasi Manajemen

 
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

DEFINISI SIM
Kami mendefinisikan manajemen information system (sistem informasi manajemen) atau SIM sebagai sistem berdasarkan komputer yang menjadikan informasi dapat digunakan oleh para manager  untuk kebutuhan yang sama. Para manager tersebut biasanya merupakan kesatuan dari organisasi formal, yaitu suatu perusahaan atau salah satu area fungsionalnya. Informasi tersebut menjelaskan perusahaan atau sistem utamanya berkenaan dengan apa yang etrjadi di waktu lalu, apa yang sedang terjadi sekarang, dan apa yang mungkin akan terjadi di masa mendatang. Informasi dibuat dalam bentuk laporan berkala, laporan khusus, output simulasi matematis. Informasi tersebut digunakan oleh manager untuk membuat keputusan dalam memecahkan masalah.

MODEL SIM
Definisi kami dapat dilukiskan seperti model pada gambar 9.3 pemroses informasi berada pada sebelah kiri. Ia mencakup komputer dengan database yang berisi data dan informasi yang berasal dari internal dan lingkungan, dan juga perpustakaan software. Unsur penting lain yang walaupun tidak nampak pada model tersebut adalah staf spesialis informasi.
Pemroses informasi memberikan informasi dalam tiga bentuk dasar kepada pemakai SIM. Pemakai, yang ditampilkan di tengah dengan diagram organisasi ditempatkan pada tingkat organisasional dan dalam semua area fungsi.



Sisi sebelah kanan dari model menunjukkan bagaimana informasi digunakan dalam pemecahan masalah. Tanda panah besar yang menghubungkan ketiga bentuk informasi dengan langkah pemecahan masalah menunjukkan bagaimana pemakai menerapkan output SIM. Informasi tersebut memberi keterangan kepada masalah, bukan kepada keputusan tertentu, dan ia diperuntukkan bagi manager untuk menentukan bagaimana informasi tersebut akan digunakan.
Perusahaan dapat memulai usaha penerapan SIM untuk membuat sumber informasi dapat digunakan oleh manager dalam perusahaan tersebut. Atau, sub-unit organisasional, seperti tingkatan manajemen atau area fungsional dapat memulai penggunaan SIM terutama untuk mendukung atau membantu pekerjaan manajer ada sub-unit atau area fungsional tersebut. Sebagai contoh mengenai usaha SIM yang dirancang untuk mendukung tingkat manajemen ini adalah sistem informasi eksekutif. Usaha SIM yang ditujukan untuk mendukung amanjer dalam area fungsional tertentu meliputi sistem informasi marketing, sistem informasi manufaktur, sistem informasi keuangan dan sistem informasi sumber daya manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar