Sabtu, 19 November 2011

FLASH 2


Commit adalah sebuah perintah untuk menyimpan perubah secara fisik ke database, sedangkan Rollback akan mengabaikan semua perubahan dan yg kedua store engine tabel yang digunakan adalah innoDB

Frame Label
Anda bisa memberi nama atau label kepada frame untuk memudahkan dalam membaca Timeline. Caranya :
1. Pilih nomor frame yang ingin diberi label. Misalkan frame 1. Label hanya bisa diisi pada
Keyframe. Bila dalam suatu frame belum ada keyframe. Tambahkan keyframe dengan menekan
tombol F6 (Insert Keyframe).
2. Klik frame tersebut dan ketikkan nama label di papan catat Property Inspector
Panel Action adalah tempat untuk menulis perintah atau script yang dilengkapi oleh berbagai fasilitas dan
kecanggihan khusus.
2. Menampilkan Panel Action
Untuk menampilkan Panel Action 3. Mengatur Panel Action
Kadang Panel Action seperti menempel di atas papan catat Property Inspector. Anda bisa mengeluarkannya
dengan menarik “Jerawat” Panel Action keluar. Yah… setiap panel ada “jerawat”-nya untuk memindahmindahkan
kotak panel ke tempat tertentu., Anda bisa tarik setelah kursor berubah
menjadi tanda “+”.
Setelah di tarik keluar, Panel Action akan seperti melayang (tidak menempel) . Tetapi kadang Anda tidak
berhasil menarik keluar atau bahkan malah menempel di tempat lain. Flash memang sensifif, gerakan Anda
harus terlatih.
Kemudian kadang bagian kategori dan tempat jelajah di Panel Action bisa hilang (sembunyi). Oleh karena
itu Anda bisa menampilkan dan menyembunyikan dengan dua cara, yaitu :
a. Menarik batas antara bagian kiri dan kanan. Setelah kursor berubah tanda maka
Anda bisa memulai menarik ke kanan.
b. Dengan menekan (klik) tombol mouse di tanda  yang melekat pada batas antara
bagian kiri dan kanan.
  Menampilkan dan menyembunyikan bagian kategori dan tempat jelajah di Panel Action
Kita perlu belajar hal-hal seperti ini supaya tidak kesulitan atau stress. Anda perlu mengenal dengan baik
daerah tempat Actionscript bersemayam tersebut.
4. Syntax Coloring
Saat mengetik script, pasti kita akan menemukan perbedaan warna antar kata yang satu
dengan kata yang lain. Warna-warna tersebut mempunyai arti untuk memudahkan kita mengenali perintah
atau untuk melihat apakah ada pengetikan yang salah.
5. Script di Frame
Script yang diletakkan di frame disebut Framescript.
6. Event di Frame
Setiap perintah atau script yang diketik tentunya harus ada pemicu. Misalkan manusia sudah diberi perintah
(emosi) marah. Perintah atau kejadian tersebut harus ada pemicunya, yaitu kalau ditampar pipinya, maka
kejadian marah akan dijalankan. Pemicu ini disebut Event (kejadian) di Flash.
7. Enable Simple Frame Actions
Setelah mengenal sebagian daerah kekuasaan di Panel Action.
8. Script di Button (Tombol)
Script yang diletakkan di button (tombol) disebut Buttonscript.
9. Event di Button
Script di tombol-pun harus ada pemicu. Kalau di frame hanya mempunyai satu pemicu, di tombol punya
banyak sekali pemicu/kejadian (event), antara lain :
10. Syntax di Button
Untuk mengetik script di tombol, Anda harus tahu tata bahasa atau syntax agar perintah dapat berjalan
dengan benar.
11. Teknik cepat menampilan Event di Button
Tentu Anda kadang lupa nama-nama event di tombol. Jangan khawatir, ini ada teknik cepat untuk
menampilkan nama event tersebut.

12. Common Library
Common Library berisi berbagai macam tombol, aplikasi dan program siap pakai. Untuk membuka
14. Memilih perintah dari bagian kategori Panel Actions
Untuk memilih perintah gotoAndPlay(), Anda bisa tidak perlu mengetik. Lihat saja pada bagian kategori
panel action dan pilih perintah yang diinginkan. Langkah-langkahnya adalah :
15. Frame Label
Anda bisa memberi nama atau label kepada frame untuk memudahkan dalam membaca Timeline.
16. Fungsi-fungsi Navigasi
Fungsi stop(),tujuannya untuk memberhentikan movie Flash pada frame yang diberi script ini.
Fungsi play(),tujuannya untuk menjalankan movie Flash pada frame yang diberi script ini.
Fungsi gotoAndStop([scene,] frame), tujuannya untuk lompat dan berhenti ke nomor frame atau frame
label tertentu.
18. Navigasi yang efektif dan efisien
Navigasi berfungsi agar pengguna dapat berinteraksi dengan movie flash yang kita buat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar