Sirkuit Monako
Circuit de
Monaco adalah nama dari sirkut balap mobil yang berada di
jalanan kota Monte Carlo dan La Condamine di
sekitar pelabuhan Monaco. Sirkuit ini lebih melekat ke nama "Monte
Carlo" karena sebagian besar sirkuit berada di wilayah Monte Carlo,
ibukota Monaco.
Sirkuit ini
digunakan dalam satu minggu setiap bulan Mei tiap tahun
sebagai tuan rumah Formula 1. Balapan yang menjadi pendukung
Formula 1, GP2 series juga
mengikuti balapan di waktu yang sama.
Sejarah
Ide balapan
Formula 1 di jalanan Monaco berasal dari Anthony Noghes, presiden
dari klub mobil Monegasque dan
teman dekat dari keluarga berkuasa Grimaldi.
Balapan perdana diadakan pada tahun 1929 dan dimenangkan oleh William
Grover-Williams yang mengendarai Bugatti.
Karakteristik
Pembuatan
sirkuit ini membutuhkan waktu enam minggu, dan pembongkarannya membutuhkan
waktu 3 minggu. Sirkuit ini memiliki banyak tanjakan dan turunan, tikungan
tajam, dan sebuah jalur lurus pendek yang membuat sirkuit ini menjadi yang
paling menarik di balapan Formula 1. Di luar dari fakta bahwa sirkuit ini telah
mengalami perubahan beberapa kali sepanjang sejarahnya, sirkuit ini masih
menjadi test terbesar bagi kemampuan membalap seorang pembalap formula 1.
Sirkuit ini memiliki tikungan terlambat di Formula 1 (Grand Hotel hairpin,
dengan kecepatan hanya 50 km/jam)) dan salah satu yang tercepat (tikungan di
dalam terowongan, tiga tikungan setelah hairpin, dengan kecepatan 260 km/jam))
yang memperlihatkan tingkat kesulitannya.
Dengan
adanya lingkungan yang rapat dan sempit, terlihat jelas bahwa skill pembalap
lebih penting daripada power dari mobil sendiri. Karena itu, kemungkinan adanya
saling mendahului sangat kecil dan berbahaya. Bagian terowongan yang terkenal
(berada di bawah Fairmont
Hotel, diwarnai abu-abu dalam gambar sirkuit di atas) memberikan
kesulitan kepada pembalap untuk melaluinya karena adanya peralihan cepat dari
terang ke gelap, kemudian kembali ke terang lagi, dan sebagai bagian tercepat
dari sirkuit. Akibatnya, hasil akhir dari balapan ditentukan dari posisi start dan strategi pit stop.
Kecelakaan mematikan
§
1952 Luigi Fagioli
§
1967 Lorenzo
Bandini
Sumber
: http://id.wikipedia.org/wiki/Sirkuit_Monako
http://www.uniknya.com/2011/09/10/5-arena-olahraga-paling-terkenal-di-dunia-2/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar